Monday, December 9, 2013

PROPOSAL MEMBUKA USAHA PEMBUATAN SANGKAR BURUNG “SANGKAR JAYA”




PROPOSAL
MEMBUKA USAHA PEMBUATAN SANGKAR BURUNG
“SANGKAR JAYA”













 



















Disusun
Sebagai Tugas Ujian Nasional
Mata Diklat Produktif
Program Keahlian Pemasaran
Tahun Diklat 2009/2010

Oleh
Nama   : AHMAD KHOIRUL BADAR
NIS                 : 0708007


 

SMK TERPADU HADZIQIYYAH
Blok Nglarangan Gemiring Lor Nalumsari Jepara 59466 Telp.( (0291)3316228
2009/2010

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Swt., yang telah melimpahkan rahmat, karunia, dan kemudahan kepada penulis dalam menyelesaikan proposal ini.
Penyusunan proposal ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, karena itu tak lupa pula penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan proposal ini.
Proposal ini disusun untuk melaksanakan Ujian Nasional Mata Diklat Produktif Program Keahlian Pemasaran dengan ketentuan membuat Proposal Membuka Usaha Kecil.
Semoga dengan disusunnya proposal ini dapat memotivasi sesuai untuk berwiraswasta sesuai kemampuan yang dimiliki. Kritik dan saran yang konstruktif sangat penulis harapkan, demi perbaikan selanjutnya.



Jepara, Februari 2010


Penulis












DAFTAR ISI

HALAMAN DEPAN                                                                                                                                                                                                 i
KATA PENGANTAR                                                                                                                                                                                                ii
DAFTAR ISI                                                                                                                                                                                                               iii
BAB I     PENDAHULUAN                                                                                                                                                                          1
A.    Nama dan Alamat Usaha                                                                                                                                     1
B.     Nama dan Alamat Pemilik                                                                                                                                  1
C.     Jenis Usaha                                                                                                                                                                                              1
D.    Bentuk Badan Usaha                                                                                                                                                                   1
BAB II    DESKRIPSI USAHA                                                                                                                                                         2
A.    Latar Belakang                                                                                                                                                                             2
B.     Tujuan                                                                                                                                                                                                                  2
C.     Deskripsi Usaha                                                                                                                                                                           2
BAB III  ASPEK PEMASARAN                                                                                                                                                      3
A.    Sasaran Pemasaran                                                                                                                                                           3
B.     Strategi Pemasaran                                                                                                                                                           3
C.     Persaingan                                                                                                                                                                                    3
D.    Perkiraan Bagian Pasar                                                                                                                                                    3
BAB IV  ASPEK PRODUKSI                                                                                                                                                                      4
A.    Analisis Lokasi                                                                                                                                                                             4
B.     Bahan Baku                                                                                                                                                                                             4
C.     Sarana dan Prasarana                                                                                                                                                       4
D.    Tenaga Kerja                                                                                                                                                                                            4
BAB V    ASPEK KELEBIHAN DAN KEKURANGAN USAHA                                                5
A.    Aspek Kelebihan Usaha                                                                                                                                                   5
B.     Aspek Kekurangan Usaha                                                                                                                                  5
BAB VI  ASPEK FINANSIAL                                                                                                                                                         6
A.    Kebutuhan dan Sumber Dana                                                                                                                              6
B.     Perhitungan Hasil Penjualan atau Pendapatan                                                                                 6


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Nama dan Alamat Usaha
Nama Usaha                      : “Sangkar Jaya”
Alamat Usaha       : Desa Gemiring Lor RT 01 RW VII Nalumsari Jepara

B.     Nama dan Alamat Pemilik
Nama Pemilik        : Ahmad Khoirul Badar
Alamat Pemilik     : Desa Gemiring Lor RT 01 RW VII Nalumsari Jepara

C.    Jenis Usaha
Usaha yang penulis  dirikan bergerak di bidang produksi yaitu melakukan proses pembuatan dan penjualan sangkar burung dengan kualitas terbaik yang cukup diminati konsumen.

D.    Bentuk Badan Usaha
Usaha yang penulis dirikan berbentuk Badan Usaha Perorangan, yang dikelola oleh keluarga.













BAB II
DESKRIPSI USAHA

A.    Latar Belakang
Sekarang ini lapangan pekerjaan semakin sempit, kita sebagai calon tenaga kerja harus mampu berfikir kreatif dan inovatif, dan juga mampu mencari peluang serta pandai memanfaatkan peluang tersebut.
Salah satu usaha yang cukup mudah dikelola adalah usaha pembuatan sangkar burung karena banyak orang yang berminat untuk memiliki hewan peliharaan khususnya burung. Sedangkan belum banyak orang yang mendirikan usaha pembuatan sangkar burung sekitar tempat tinggal penulis.
Dalam rangka memanfaatkan peluang ini, penulis mencoba mendirikan sebuah usaha pembuatan sangkar burung yang diberi nama “Sangkar Jaya.”

B.     Tujuan
Tujuan penulis dalam usaha ini adalah :
  1. Memperoleh keuntungan; dan
  2. Dapat Menciptakan lapangan usaha baru yang dapat memberikan manfaat.

C.    Deskripsi Usaha
Penulis membuka usaha pembuatan sangkar burung “Sangkar Jaya” di Desa Gemiring Lor Nalumsari Jepara karena lokasi tersebut cukup strategis, dan masih belum banyak orang disekitar tempat tinggal penulis yang mendirikan usaha pembuatan sangkar burung.
Usaha penulis ini masih tergolong usaha kecil dengan menggunakan modal sendiri. Penulis menggunakan rumah milik sendiri sebagai tempat usaha ditambah dengan fasilitas pendukung demi kenyamanan pembeli.
Dalam pemilihan bahan baku, penulis mendatangkan dari sekitar tempat usaha. Selain bahan bakunya berkualitas, harganya pun terjangkau.
Penulis menyediakan beberapa fasilitas yaitu, Ruangan tamu bersih dan nyaman, telephone, toilet, dan areal parkir yang luas dan aman.
“Sangkar Jaya” buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB – 21.00 WIB.
BAB III
ASPEK PEMASARAN

A.    Sasaran Pemasaran
Target pemasaran penulis dalam usaha ini adalah :
  1. Masyarakat luas;
  2. Para penggemar burung; dan
  3. Masyarakat sekitar “Sangkar Jaya.”

B.     Strategi Pemasaran
Penulis akan memasarkan produk yang dijual dengan cara memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan, memberikan potongan harga dan terus memperkenalkan sangkar burung kualitas terbaik kepada konsumen dengan cara memberikan informasi yang jujur dan bertanggung jawab.
“Sangkar Jaya” juga menerima pesanan demi mengutamakan kepuasan konsumen atau pelanggan agar tetap setia datang ke “Sangkar Jaya.”

C.    Persaingan
Dalam usaha ini “Sangkar Jaya” menemukan 1 pesaing yang lokasinya tidak jauh dari “Sangkar Jaya.”

D.    Perkiraan Bagian Pasar
Perkiraan pembeli disekitar tempat tinggal penulis sebanyak 1000 orang. Jika terdapat 1 pesaing maka tiap usaha akan melayani 1000/2 = 500 orang. Dengan perkiraan tersebut, penulis yakin masih ada peluang untuk mendapatkan keuntungan.






BAB IV
ASPEK PRODUKSI

A.    Analisis Lokasi
Tempat usaha yang terletak dirumah penulis sendiri yaitu di Desa Gemiring Lor Nalumsari Jepara, Jawa Tengah. Karena lokasi tersebut cukup strategis. Selain itu, lokasinya mudah dijangkau oleh kendaraan, dan tersedianya bahan baku yang kualitas sudah terjamin.

B.     Bahan Baku
Dalam usaha ini penulis mendatangkan bahan baku dari daerah sekitar “Sangkar Jaya.” Karena bahan bakunya berkualitas, harganya pun terjangkau.

C.    Sarana dan Prasarana
Fasilitas dan peralatan yang tersedia di “Sangkar Jaya” adalah :
1.      Ruang tempat usaha;
2.      Ruang tamu bersih dan nyaman;
3.      Telephone;
4.      Mesin bor;
5.      Toilet; dan
6.      Tempat parkir yang luas;

D.    Tenaga Kerja
Karena usaha yang penulis dirikan tergolong usaha kecil, maka dalam menjalankan usaha penulis dikelola oleh keluarga. Oleh karena itu, dalam sistem manajemen diatur berdasarkan musyawarah secara kekeluargaan.






BAB V
ASPEK KELEBIHAN DAN KEKURANGAN USAHA

A.    Aspek Kelebihan Usaha
Adapun kelebihan dari usaha yang didirikan penulis adalah :
1.      Prospek atau peluangnya cukup besar;
2.      Memberikan pendapatan atau keuntungan yang cukup besar;
3.      Pembuatan sangkar burung tidak begitu sulit; dan
4.      Persaingan kecil disekitar tempat tinggal penulis.

B.     Aspek Kekurangan Usaha
Adapun kekurangan dari usaha yang didirikan penulis adalah :
  1. Permintaan sangkar burung tidak stabil setiap bulan;
  2. Adanya 1 pesaing yang lokasinya tidak jauh dari “Sangkar Jaya;” dan
  3. Memerlukan keahlian dan keuletan yang lebih dalam pembuatan sangkar burung.
















BAB VI
ASPEK FINANSIAL

A.    Kebutuhan dan Sumber Dana
1.      Kebutuhan Dana
a.       Mesin bor kayu                                                                             = Rp.   800.000,00
b.      Perlengkapan                                                                                             = Rp.   150.000,00
c.       Telephone                                                                                                  = Rp.   400.000,00
d.      Biaya produksi, meliputi:
v  Pembelian kayu                                                                       = Rp.   750.000,00
v  Pembelian bambu                                                        = Rp.   130.000,00
v  Pembelian paku dan lem kayu                        = Rp.   100.000,00
v  Biaya penggrajian kayu perbulan        = Rp.   250.000,00
v  Biaya funitur dan pengecatan             = Rp.   220.000,00
e.       Biaya promosi (brosur dan spanduk)        = Rp.   100.000,00 +
Jumlah                                                                                                                         = Rp.2.700.000,00
2.      Sumber Dana
Modal sendiri                                                                                      = Rp.2.700.000,00

B.     Perhitungan Hasil Penjualan atau Pendapatan
1.      Penjualan sangkar burung yang dijual dalam 30 hari (1 bulan)
a.       20 sangkar (kecil) @ Rp.15.000   = Rp.   300.000
b.      50 sangkar (sedang) @ Rp.25.000            = Rp.1.250.000
c.       30 sangkar (besar) @ Rp.35.000   = Rp.1.050.000 +
= Rp.2.600.000
2.      Biaya produksi perbulan                                                         = Rp.1.500.000
3.      Tagihan listrik dan telephone                          = Rp.   100.000
4.      Penyusutan peralatan perbulan                                   = Rp.     50.000
5.      Pemeliharaan peralatan                                                           = Rp.     70.000
6.      Biaya lain-lain                                                                         = Rp.     30.000 +
= Rp.1.750.000
Jadi, keuntungan bersih perbulan adalah                                                              = Rp.   850.000

No comments:

Post a Comment